Kerajinan

KERAJINAN BAMBU

Kerajinan dari bambu di Kabupaten Magelang banyak sekali di temui. Kerajinan ini biasanya dijual di pasar-pasar maupun di obyek-obyek wisata di Kabupaten Magelang seperti Candi Borobudur, Mendut, dan tempat-tempat lain. Kerajinan dari bambu ini biasanya berupa tempat lampu dari bambu, tempat koran dari bambu, seruling bambu, kalung bambu, gelang, penjepit rambut hingga kipas bambu. Kerajinan ini biasanya diproduksi oleh masyarakat dan tidak berbadan usaha. Keberadaan pengrajin bambu di Kabupaten Magelang telah lama, kerajinan ini berkembang secara turun temurun dari nenek moyang hingga sekarang. Prospek usaha kerajinan bambu ke depan hingga saat ini cukup bagus terutama di daerah-daerah obyek wisata seperti Candi Borobudur, Mendut, dan lain-lain. Banyak wisatawan yang menyukai produk-produk bambu ini. Bahkan dewasa ini pemasarannya bukan hanya di sekitar Kabupaten Magelang saja tetapi telah mencapai Purworejo, Cilacap, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pangandaran.

KERAJINAN KERANG

Meskipun Kabupaten Magelang tidak mempunyai pantai namun, di Kabupaten ini juga berkembang kerajinan yang berasal dari kerang. Biasanya bahan baku kerang didatangkan dari Purworejo dan Cilacap. Yang unik adalah para pengrajin kerajinan kerang ini tinggal di pegunungan yang jauh dari laut/pesisir. Pengrajin tersebut berada di Desa Sawangargo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Bentuk-bentuk yang disajikanpun cukup beragam yaitu berbentuk bebek, burung, dinosaurus, gantungan kunci, tenpat foto, asbak, hingga bentuk beruang. Perkembangan kerajinan ini bisa dikatakan stagnan karena hanya dikelola oleh satu keluarga saja. Namun eksistensinya cukup baik. Pemasaran kerajinan kerang ini terutama di daerah-daerah obyek wisata seperti Candi Bodobudur dan lain-lain.

MINIATUR CANDI

Miniatur candi sebenarnya adalah bagian dari kerajinan dari batu (seni pahat). Namun dalam proses finishingnya tidak hanya berupa pahatan batu berupa candi saja tetapi lebih dipercantik dengan diberikan gip agar lebih menarik dan aman jika terjadi benturan atau jatuh. Biasanya para pengrajin miniatur candi ini tidak hanya memproduksi candi tetapi juga patung-patung budha tentunya dalam ukuran yang kecil juga. Harganya juga variatif dari Rp. 50.000,- hingga harga Rp. 2.000.000,- bahkan banyak pula pesanan yang hingga mencapai harga Rp. 20.000.000,- Para pengrajin miniatur candi ini berada di Kecamatan Borobudur tepatnya di desa-desa sekitar candi borobudur. Pemasarannya juga untuk mendukung industri pariwisata Candi Borobudur.

PATUNG BATU DAN ANEKA KERAJINAN DARI BATU

Salah satu yang sangat terkenal di Kabupaten Magelang adalah kerajinan patungnya. Bahkan sebagian besar kebutuhan patung di Pulau Bali banyak yang didatangkan dari Kabupaten Magelang baik patung untuk sesembahan para umat hindu dan budha maupun patung-patung untuk konsumsi cinderamata dan dinikmati sebagai salah satu karya seni. Para pengrajin patung batu ini selain memproduksi patung batu juga memproduksi alat-alat rumah tangga yang berasal dari batu seperti cobek, dan lain-lain. Daerah yang memproduksi kerajinan patung batu dan kerajinan ini berada di Kecamatan Muntilan dan Salam, terutama di sepanjang jalan Semarang-Yogyakarta. Kita dapat melihat banyak sekali patung dan kerajinan dari batu yang di pamerkan di sepanjang jalan tersebut. Patung-patung tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam. Dari yang kecil hingga besar mencapai tinggi 2-3 meter.
next

Tinggalkan komentar